SAFARI INTERNET RAMADHAN 1427 H

Blog ini merupakan situs spesial Ramadhan 1427 H. Tujuannya untuk mempublikasikan berbagai informasi tentang seputar aktifitas masyarakat di Kalimantan Timur – khususnya Kota Samarinda – dalam mengisi bulan Ramadhan. Menyebarluaskan pengetahuan, pengalaman dan wawasan keislaman berdasarkan syariah. Menumbuhkan minat masyarakat untuk gemar menulis melalui opini, reportase, forum dialog dan berbagai bentuk komunikasi interaktif.

Wednesday, October 11, 2006

Lomba Musik Sahur Ala Pramuka

Regu Pramuka Penggalang ini berasal dari SMPN 29 Samarinda. Mereka merupakan salah satu kelompok peserta lomba musik sahur yang digelar Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Samarinda Utara, Sabtu lalu, di Bengkuring. foto: mansyah
“Satu
, dua, tiga, empat ...,” seru Rahmad Hidayat dengan lantang. Kedua tangan Pramuka Penggalang yang masih duduk di kelas II SLTP 29 Samarinda itu terangkat ke atas, bak seorang mayoret. Terdengar suara gemerincing. Selanjutnya diiringi bunyi-bunyian. Agak bising, namun lumayan enak dinikmati. Jangan menyangka ini adalah atraksi drum band.
Gayanya memang mirip, tapi kalau peralatan boleh dibilang ala kadarnya. Contohnya ‘tongkat mayoret’ yang menghasilkan bunyi gemerincing tadi. Ternyata Rahmad hanya memegang sepotong kayu dengan puluhan tutup botol yang telah dipipihkan. Lain lagi alat yang dibawa teman-temannya. Ada kentongan bambu, galon air mineral hingga jeriken minyak tanah.
Mereka memang bukan kelompok drum band. Namun cukup menghibur penonton lomba musik sahur yang digelar Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Samarinda Utara, Sabtu (7/10) lalu. Pagi itu, sejumlah sekolah mengirimkan anggota pramuka ke lokasi acara di Bumi Perkemahan Kariwaya Bangkuring, Jalan Wanyi, Sempaja.
Berbagai kreatifitas diperlihatkan para peserta. Baik dari peralatan yang dibawa, penampilan maupun nyanyian yang rata-rata hasil modifikasi sendiri. Warna musiknya pun cukup variatif, dari nuansa Timur Tengah sampai dangdut. Tak heran, senyum penonton maupun juri selalu mengembang di sepanjang acara. Bahkan ada kalanya mengundang tawa.
Menurut Ketua panitia, Dr (HC) Syafei Syarif BA, lomba begarakan sahur ini merupakan rangkaian Fertival Ramadhan 1427 H. Pekan sebelumnya, Kwarran Samarinda Utara menggelar lomba busana muslim. “Tujuannya untuk ikut memeriahkan bulan Ramadhan, sambil mengajak adik-adik mengisi liburan puasa dengan kegiatan bermanfaat,” jelasnya.
Suriansyah MY, salah seorang personel panitia menambahkan, lomba-lomba tersebut diikuti anggota Pramuka Penggalang dari sejumlah sekolah yang berdomisi di Kecamatan Samarinda Utara. “Pesertanya cukup banyak, terutama busana muslim. Kami berharap ini menjadi agenda kegiatan kami setiap tahun,” ujarnya.
Di sampaikan pula, sejumlah rencana kegiatan lainnya yakni mengikuti takbiran keliling pada malam Lebaran nanti. Selain itu, halal bi halal sekaligus pembagian hadiah yang dijadualkan pada tanggal 11 Nopember 2006 mendatang. “Kalau memungkinkan Pramuka Samarinda Utara akan ikut takbiran. Yang pasti, kegiatan Ramadhan tahun ini kami usahakan berjalan sukses hingga usai halal bi halal nanti,” harapnya.
ash